Iron Member
Join or Login to Multipers to get updates from Lena K.
Article Categories:
Uncategorized
Photo Album Categories:
Uncategorized
Review Categories:
Uncategorized
Recipe Categories:
Uncategorized
Product Categories:
Uncategorized



Menyoal Pencitraan

Posted at 2014-01-22 15:18:01

ap.jpg

 

Kata ‘pencitraan’ jadi sering kita dengar belakangan ini, terutama ketika Jokowi mulai menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Pihak-pihak yang tidak senang, kerap menggunakan istilah “pencitraan” terhadap aktivitas dan kerja lapangan Jokowi, yang dianggap hanya sebagai ajang cari muka. Saya tidak akan membahas mereka yang sinis terhadap Jokowi, tapi saya cuma ingin sedikit menuliskan apa yang ada di benak saya soal kata ‘pencitraan’. Apalagi di tahun 2014 ini, yang katanya tahun politik. Kata ‘pencitraan’ sepertinya akan makin sering digunakan, dan akan makin sering kita dengar.

Apa sih pencitraan, dari hasil penelusuran saya di internet maupun di kamus bahasa Indonesia, ‘pencitraan’ artinya gambaran diri yang ingin diciptakan seorang tokoh masyarakat; atau sebuah upaya untuk menonjolkan citra terbaik di mata publik. Sepertinya kata ‘pencitraan’ ini memang ditujukan pada mereka yang memiliki posisi tertentu (dan penting pastinya) di masyarakat. Misalnya, presiden, gubenur, politisi, atau warga biasa tapi diakui ketokohannya di tengah masyarakat. Tapi sebenarnya ‘pencitraan’ bisa dilakukan siapa saja, dengan motifnya masing-masing.

Kata ‘pencintraan’ selama ini memang selalu berkonotasi negatif, karena identik dengan orang yang sedang cari muka, ingin dipuji, ingin cari dukungan, dan sejenisnya. Munculnya anggapan negatif ini tidak bisa disalahkan karena faktanya memang banyak orang atau tokoh yang tiba-tiba kerap tampil melakukan kebajikan di masyarakat, padahal sebelumnya orang bersangkutan tidak pernah hadir di tengah masyarakat di luar lingkungan atau kelompoknya, dengan tujuan agar lebih dikenal dan terkenal, dan ingin mendapat simpati dari masyarakat yang disambanginya. Tapi setelah mendapat apa yang dinginkannya, orang bersangkutan seolah lupa dengan semua janji-janji termasuk pada orang-orang yang pernah didatanginya.

Lalu, apakah melakukan ‘pencitraan’ perbuatan yang buruk? Jawabnya, tidak selalu buruk. Setiap orang sah-sah saja melakukan ‘pencitraan’ ketika menginginkan sebuah posisi, bahkan jika motifnya hanya supaya ingin terlihat sebagai ‘orang baik’ di mata orang lain. Sepanjang ‘pencitraan’ itu dilakukan dengan jujur dan apa adanya, tidak lebay. Seorang pejabat publik, ‘pencitraan’ yang dilakukannya akan melalui proses pembuktian lewat kebijakan dan kerja nyatanya di lapangan.

Banyak orang yang melakukan ‘pencitraan’ misalnya dengan tampil memakai tas, baju, sepatu branded yang mahal agar terlihat keren dan ‘wah’ bagi orang yang melihatnya. Memakai hp atau gadget canggih, padahal cuma digunakan buat sms, telponan, main game atau bersosmed, tidak lebih. Yang lebih parah, ada yang bingung menggunakan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Begitulah ‘pencitraan’. Siapa pun, saya, Anda, secara tidak sadar mungkin sesekali pernah melakukan pencitraan. Asalkan jangan berlebihan, karena pada akhirnya, suatu saat orang akan melihat dan mengetahui diri kita yang sebenarnya. Lebih dari itu, jangan terlalu merepotkan diri melakukan ‘pencitraan’ di hadapan manusia. Bukankah lebih baik jika kita meningkat citra kita di hadapan Tuhan, sebagai bekal di kehidupan kekal kelak.

“Don’t change so people will like you, Be yourself and the right people will love the real you”

[]

 

Interesting
Interesting

gara-gara pencitraan ini, gw jadi berasa jadi pembantu pas duduk sama temen yg pake baju mahal pdhl cuma main ke rumah doang.  Yucky

5 years ago

Bunga Pencitraan Lestari...  Tongue

5 years ago

bang @imul wakakakka

5 years ago

banyak yang demi pencitraan ajdi korban tagihan debt collector, kartu kredit, pengen keliatan kaya, senam di gym elite, pakai kostum dan sepatu mahal,
pernah ketemu yg model gitu..padahal
suaminya jualan tempe di pasar

5 years ago

terimakasih buat stamps dan komentarnya ...  Smile

5 years ago
Please login to comment this article.