Iron Member
Join or Login to Multipers to get updates from Lena K.
Article Categories:
Uncategorized
Photo Album Categories:
Uncategorized
Review Categories:
Uncategorized
Recipe Categories:
Uncategorized
Product Categories:
Uncategorized



Perayaan Tahun Baru Korea, Seru dan Unik

Posted at 2014-02-12 01:57:01

IMG_5753.JPG

 

Hari Sabtu (8/2), Saya memenuhi undangan dari Pusat Kebudayaan Korea di Jakarta ( Korean Cultural Center Indonesia) untuk menghadiri acara perayaan Seollal atau Tahun Baru Korea.

Tahun ini, adalah kali kedua KCCI menyelenggarakan Seollal dengan mengundang siapa saja yang tertarik dan ingin tahu tentang kebudayaan dan tradisi Korea. Tapi undangan kali ini dibatasi hanya 100 orang.

Apa sih Seollal? Seollal adalah perayaan tahun baru Korea yang biasanya bertepatan dengan tahun baru imlek atau tahun baru Cina. Di Korea, Seollal merupakan hari raya terbesar dan penting. Oleh sebab itu, peringatan hari raya ini ditandai dengan hari libur nasional selama tiga hari.

Sekira pukul 11.30 acara Seollal yang berlangsung di ruang multifungsi KCCI. Oh ya, KCCI sendiri berlokasi di lantai 17 Gedung Equity Tower, SCBD. Acara dipandu oleh dua pembawa acara yang mengenakan pakaian tradisional Korea (hanbok).

Setelah membuka acara, mereka mengenalkan tiga mahasiswa (dua cowok, satu cewek) Korea yang sedang berada di Jakarta. Mereka akan berpartisipasi dalam acara perayaan Seollal dan berbaur dengan para undangan.

 

IMG_5766.JPG

Ho Hyun Jun, salah satu mahasiswa asal Korea yang hadir dalam perayaan Seollal di KCCI Jakarta

 

Setelah menjelaskan sedikit apa itu Seollal, ketiga mahasiswa asal Korea itu mendemonstrasikan cara-cara penghormatan yang biasa dilakukan orang yang lebih muda pada orang-orang tua. Kalau di Indonesia macam sungkeman gitulah. Penghormatan pada leluhur dan pada orang-orang tua merupakan salah satu ritual Seollal yang penting.

 

IMG_5760.JPG

 

Selain “sungkeman” tadi, ada kepercayaan masyarakat Korea untuk memasukkan sepatu atau sandal ke dalam rumah pada malam hari Seollal, agar tidak dicuri. Karena kalau sampai dicuri, konon pertanda tidak baik.

Selain itu, kepercayaan lainnya adalah menggantung saringan bambu di dinding, agar rejeki mengalir terus selama satu tahun ke depan.

Dalam perayaan Seollal di KCCI Sabtu kemarin, juga dikenalkan permainan khas Korea yang biasa dimainkan saat Seollal, yaitu permainan jegichagi.

 

IMG_5775.JPG

 

Yang paling menarik buat saya adalah mempraktekkan seni lukis (kaligrafi) Korea dengan menggunakan tinta cina. Ini pengalaman baru buat saya. Setidaknya menambah pengetahuan bagaimana cara dan teknik seni lukis Korea ini. Dari mulai menyiapkan alat, tinta, kertas, cara memegang kuas, cara menggoreskan tinta di kertas lukis (kertasnya khusus, berwarna putih dan tipis), dan teknis melukisnya.

Last but not least, menikmati hidangan berupa makanan ala Korea. Yang khas dihidangkan saat Seollal adalah sup kue beras dan rice drink. Enak dan mengenyangkan tentunya  … Setelah diselingi acara game berhadiah. Acara ditutup dengan foto bersama.

 

1609622_719292804772209_450261914_n.jpg

 

Hadir dalam acara-acara seperti ini, bukan berarti mau ikut-ikutan budaya orang. Tapi untuk saling mengenal. Tradisi dan budaya Korea memang sangat unik dan kaya, seperti halnya tradisi dan budaya Indonesia. Bedanya, Korea begitu agresif mengenalkannya pada masyarakat dunia. Sedangkan Indonesia, tidak seagresif Korea. Padahal lewat pengenalan tradisi dan budaya ini, bisa mendongkrak kunjungan wisata. Iya enggak sih ….

By the way, atas undangannya, gamsahamnida KCCI … tahun depan semoga dapet undangan lagi  .[]

Foto-foto lengkapnya ada di sini  https://www.facebook.com/magdalena.krisnawati.3/media_set?set=a.10151831225026734.1073741851.701996733&type=1 

Interesting
Interesting

wow...keren!

4 years ago

trims sudah menyempatkan mampir mbak Soraya ...  Flower

4 years ago

asyiik nih...  Awesome

4 years ago

trims mbak Hanifatul  Smile

4 years ago
Please login to comment this article.